Senin, 25 Juni 2012

KOPERASI kehilangan JATI DIRI???


BANDINGKANLAH  ESENSI
LOGO KOPERASI INDONESIA

LOGO  LAMA
LOGO  BARU


Gerigi roda
Upaya keras yang ditempuh secara terus menerus. Hanya orang yang pekerja keras yang bisa menjadi calon Anggota dengan memenuhi beberapa persyaratannya.


Rantai (di sebelah kiri)
Ikatan kekeluargaan, persatuan dan persahabatan yang kokoh. Bahwa anggota sebuah Koperasi adalah Pemilik Koperasi tersebut, maka semua Anggota menjadi bersahabat, bersatu dalam kekeluargaan, dan yang mengikat sesama anggota adalah hukum yang dirancang sebagai Anggaran Dasar (AD) / Anggaran Rumah Tangga (ART) Koperasi. Dengan bersama-sama bersepakat mentaati AD/ART, maka Padi dan Kapas akan mudah diperoleh
bentuk gambar 4 (empat) sudut pandang
melambangkan arah mata angin yang mempunyai maksud Koperasi Indonesia:
o        Sebagai gerakan koperasi di Indonesia untuk menyalurkan aspirasi;
o        Sebagai dasar perekonomian masional yang bersifat kerakyatan;
o        Sebagai penjunjung tinggi prinsip nilai kebersamaan, kemandirian, keadilan dan demokrasi;
o        Selalu menuju pada keunggulan dalam persaingan global

Kapas dan Padi (di sebelah kanan)
Kemakmuran anggota koperasi secara khusus dan rakyat secara umum yang diusahakan oleh koperasi. Kapas sebagai bahan dasar sandang (pakaian), dan Padi sebagai bahan dasar pangan (makanan). Mayoritas sudah disebut makmur-sejahtera jika cukup sandang dan pangan.


Timbangan
Keadilan sosial sebagai salah satu dasar koperasi. Biasanya menjadi simbol hukum. Semua Anggota koperasi harus adil dan seimbang antara "Rantai" dan "Padi-Kapas", antara "Kewajiban" dan "Hak". Dan yang menyeimbangkan itu adalah Bintang dalam Perisai.


Bintang dalam perisai
Dalam perisai yang dimaksud adalah Pancasila, merupakan landasan idiil koperasi. Bahwa Anggota Koperasi yang baik adalah yang mengindahkan nilai-nilai keyakinan dan kepercayaan, yang mendengarkan suara hatinya. Perisai bisa berarti "tubuh", dan Bintang bisa diartikan "Hati".
: 4 (empat) kuncup bunga yang saling bertaut dihubungkan bentuk sebuah lingkaran yang menghubungkan satu kuncup dengan kuncup lainnya
menggambarkan seluruh pemangku kepentingan saling bekerja sama secara terpadu dan berkoordinasi secara harmonis dalam membangun Koperasi Indonesia
Pohon Beringin
Simbol kehidupan, sebagaimana pohon dalam Gunungan wayang yang dirancang oleh Sunan Kalijaga. Dahan pohon disebut kayu (dari bahasa Arab "Hayyu"/kehidupan). Timbangan dan Bintang dalam Perisai menjadi nilai hidup yang harus dijunjung tinggi.
Sekuntum Bunga Teratai
memberi kesan akan perkembangan dan kemajuan terhadap perkoperasian di Indonesia, mengandung makna bahwa Koperasi Indonesia harus selalu berkembang, cemerlang, berwawasan, variatif, inovatif sekaligus produktif dalam kegiatannya serta berwawasan dan berorientasi pada keunggulan dan teknologi
Koperasi Indonesia
Koperasi yang dimaksud adalah koperasi rakyat Indonesia, bukan Koperasi negara lain. Tata-kelola dan tata-kuasa perkoperasian di luar negeri juga baik, namun sebagai Bangsa Indonesia harus punya tata-nilai sendiri.
Teks Koperasi Indonesia
memberi kesan dinamis modern, menyiratkan kemajuan untuk terus berkembang serta mengikuti kemajuan jaman yang bercermin pada perekonomian yang bersemangat tinggi, teks Koperasi Indonesia yang berkesinambungan sejajar rapi mengandung makna adanya ikatan yang kuat, baik didalam lingkungan internal Koperasi Indonesia maupun antara Koperasi Indonesia dan para anggotanya
Warna Merah Putih
Warna merah dan putih yang menjadi background logo menggambarkan sifat nasional Indonesia.
berwarna Pastel
memberi kesan kalem sekaligus berwibawa, selain Koperasi Indonesia bergerak pada sektor perekonomian, warna pastel melambangkan adanya suatu keinginan, ketabahan, kemauan dan kemajuan serta mempunyai kepribadian yang kuat akan suatu hal terhadap peningkatan rasa bangga dan percaya diri yang tinggi terhadap pelaku ekonomi lainnya


1.      Jiwa Ke-wirakoperasian dan Jati diri koperasi tidak  terlihat dalam logo baru.
2.      Nasionalisme dan identitas Koperasi tidak nampak dalam logo.
3.      coba perhatikan... 3 dari 5 maksud adalah MEMBERI KESAN... jadi justeru tidak menampakkan jati diri dan karakter sesungguhnya.
4.      Lebih terkesan seperti  (maaf).....mozaik ubin/lantai.....
5.      lambang utama logo lama adalah KEHIDUPAN yang MENGAYOMI....sementara logo baru... tidak digambarkan KEMANFAATANnya......
6.      Bangsa Indonesia sekarang terpuruk....dalam berbagai bidang.... karena kita tidak membangun SDM yang ber-KARAKTER......Koperasi dengan segala kelebihan dan kekurangannya berupaya membangun manusia Indonesia seutuhnya melalui bidang ekonomi....jika bidang ini dirusak oleh tatanan yang dibuat oleh bukan insan koperasi... maka akan merusak koperasi dan perekonomian yang memiliki identitas bangsa, maka bangsa ini akan semakin kehilangan harga diri dan jati dirinya...

SEMOGA KITA DIBERI KEKUATAN .......dan MENJADI BENTENG dan KSATRIA BANGSA sesungguhnya........ HIDUP KOPERASI INDONESIA!!!!!
 http://amriawan.blogspot.com/2012/05/lambang-baru-koperasi-indonesia.html

1 komentar: